FIFGROUP Setujui lebih dari 149.000 Aplikasi Relaksasi Sampai Dengan 18 April 2020

Total Views : 368
Zoom In Zoom Out Read Later Print

Sejak 29 Maret 2020 sampai dengan 18 April 2020, FIFGROUP telah mencatatkan 149.793 aplikasi relaksasi untuk seluruh konsumen yang diselesaikan dan setar adengan nilai kredit sebesarRp 1,5 triliun. Angka yang paling besar berasal dari sektor UMKM, karyawan dan pedagang informal dengan jumlah mencapai 81.291 persetujuan aplikasi. Sedangkan yang berasal dari sector transportasi, termasuk ojek online dan yang bekerja sebagai sopir mencapai 14.150. Sedangkan dari sisi wilayah, yang paling banyak berasal dari Jawa Barat, Jakarta dan JawaTimur serta Jawa Tengah dan Yogjakarta. CEO FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, menyebutkan perkembangan angka yang telah melakukan program tersebut menaik tajam. “Kami selalu memonitor tiap hari agar semua proses berjalanlancarsesuaidengan program, meskiadakadangkala di beberapatempat di Indonesia masih perlu sosialisasi untuk beberapa konsumen,” ujar Margono. Program yang dilakukan FIFGROUP ini adalah dalam upaya membantu konsumen seperti yang dianjurkan pemerintah, setelah Presiden Jokowi 24 Maret 2020 menyatakan akan memberikan kemudahan bagi sektor: transportasi, pariwisata, perhotel, perdagangan, pengolahan, pertanian dan pertambangan, termasuk pengusaha UMKM dan pekerja informal. Kemudian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menindak lanjuti dengan kebijakan Countercylical Dampak Penyebaran Covid-19 bagi Perusahaan Pembiayaan pada 30 Maret. Intinya, pemerintah meminta perusahaan pembiayaan memberikan kelonggaran atau relaksasi (bukan penundaan-Red) kepada konsumenter dampak Covid-19 tadi. Relaksasi pembayaran kredit FIFGROUP adalah program yang diberikan kepada konsumen FIF GROUP yang terdampak covid-19 dalam rangka memberikan kelonggaran pembayaran angsurannya dengan cara memperpanjang TOP maksimum 1 tahun sehingga nilai angsuran lebih kecil dari sebelumnya. Tidak semua konsumen FIFGROUP dapat dikatakan layak menerima program relaksasi pembayaran kreditini, ada criteria dan ketentuan khusus yang telah ditetapkan. Tentu saja hal ini sudah melalui tahap perhitungan dan mitigasi yang selektif. Kriteria untuk mendapatkan fasilitas relaksasi ini juga memperhitungkan lokasi konsumen serta sumber pendapatan konsumen, dan secara umum kriteria-kriteria yang dimaksud mencakup: Konsumen yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban karena usahanya terdampak penyebaran Covid-19 secara langsung, terutama di 7 sektor (meliputi transportasi, pariwisata, perhotelan, perdagangan, pengolahan, pertaniandanpertambangantermasuk UMKM), Tidak memiliki tunggakan sebelum tgl 2 Maret 2020 saat Pemerintah RI mengumumkan virus corona Untuk bentuk relaksasi kredit yang diberikan FIFGROUP berupa: Keringanan angsuran melalui perpanjangan masa angsuran ,penurunan suku bunga Sri Wahyuni (27 tahun), seorang ibu rumah tangga, konsumen FIFGROUP Cabang Mataram, ketika mengetahui tentang program relaksasi ini Beliau tidak ragu untuk langsung mengajukan, karena kondisi pekerjaan suami ditutup. “Saya mengajukan relaksasi melalui aplikasi FIONA, dan prosesnya hanya 2 hari, saya sudah dihubungi kembali oleh cabang dan diminta untuk tanda tangan kontrak baru,” ujarnya. “Pengaruhnya sangat besar sekali, apalagi disaat ini suami saya kerjaannya ditutup sementara karna Covid-19 ini, setelah tahu kalau ada relaksasi kredit ini, suami langsung mengabarkan saya untuk mengajukan, alhamdulillah saya dilayani dengan baik dan pastinya saya ada keringanan dalam melakukan pembayaran,” tambah Sri Wahyuni. Di samping program relaksasi kredit bagi konsumen FIFGROUP, Manajemen juga menyalurkan dana social Syariah FIFGROUP ke kalangan yang kurang mampu dan terdampak bencana non alam Covid-19 di 620 titik kota, kabupaten dan kecamatan di seluruh Indonesia dengan jumlah 45.300 paket sembako. Paket tersebut berupa beras (5 kg), minyak goreng (2 ltr), gula (1 kg), mie instan, roti kaleng, teh, kopi dan susu kental manis dengan total nilaiRp 200.000 per paket dengan nilai total Rp 9,06 miliar. Penyaluran dana social Syariah tersebut dilakukan setelah Manajemen membagikan sembako menggunakan dana Koperasi FIFGROUP, dengan nilai yang sama kepada 30.210 karyawan dengan total nilai Rp 5,893 miliar, sehingga nilai semuanya mencapai Rp 14,953 miliar untuk 75.510 paket sembako. Mengenai pengajuan relaksasi pembayaran kredit FIFGROUP, Margono menghimbau untuk tetap memperhatikan dan menerapkan social/physical distancing, sehingga diharapkan konsumen dapat menghubungi: HALO FIF (1500-343), WA Chatbot (0895-21500-343), E-mail ([email protected]). “Mari kita bersama-sama melakukan apa yang terbaik dari kita semua untuk bangsa Indonesia. FIFGROUP yang memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung kebijakan pemerintah dan juga memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh konsumen di tengah masa dan tantangan yang sulit ini. Tentu saja FIFGROUP, dengan semangat kehati-hatian dan semangat membangun Indonesia akan selalu mendukung arah kebijakan pemerintah yang membawa kebaikan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Tentu saja, itu juga tertuang dalam semangat Astra: Sejahtera Bersama Bangsa,” tutur Margono Tanuwijaya.


See More

Latest Photos