LURU brand Fashion Stylish Ramah Lingkungan Dari Rosie Rahmadi

Total Views : 34
Zoom In Zoom Out Read Later Print

Kondisi tersebut yang akhirnya menginspirasi dan mendorong Rosie Rahmadi sebagai salah seorang desainer yang peduli akan kelestarian lingkungan tergerak untuk mencari cara untuk bagaimana agar menghasilkan fashion yang tidak hanya nyaman dipakai dan stylish sesuai permintaan pasar namun juga ramah lingkungan. Melalui inovasi terus menerus akhirnya beliau berhasil menciptakan produk fashion yang diinginkan . Setelah tahun lalu berhasil menciptakan brand Parapohon-produk menswear yang ramah lingkungan dan membuatnya berhasil lolos sebagai Designer of The Year Bali Fashion Trend SS 2020, kali ini ia mengembangkan koleksi yang lebih ramah lingkungan untuk pakaian modest perempuan dan laki-laki di bawah label Rosie Rahmadi.

Beberapa tahun belakangan ini, industri fashion khususnya modest yang semakin dikenal masyarakat dan bertumbuh pesat,  ditandai dengan terus naiknya angka permintaan, ini tentunya merupakan kabar baik bagi para pihak-pihak yang bergerak di bidang ini, semakin banyak tenaga kerja yang terserap dan semakin banyak juga devisa yang negara bisa dapatkan. Potensi pasar yang besar ini tidak hanya dinikmati pebisnis dalam negeri namun juga luar negeri. Namun di balik perkembangan bisnis yang cukup positif, terdapat hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih yaitu sampah hasil industri fashion itu sendiri.

Kondisi tersebut yang akhirnya menginspirasi dan mendorong Rosie Rahmadi sebagai salah seorang desainer yang peduli akan kelestarian lingkungan tergerak untuk mencari cara untuk bagaimana agar menghasilkan fashion yang tidak hanya nyaman dipakai dan stylish sesuai permintaan pasar namun juga ramah lingkungan.

Melalui inovasi terus menerus akhirnya beliau berhasil menciptakan produk fashion yang diinginkan .  Setelah tahun lalu berhasil menciptakan brand Parapohon-produk menswear yang ramah lingkungan dan membuatnya berhasil lolos sebagai Designer of The Year Bali Fashion Trend SS 2020, kali ini ia mengembangkan koleksi yang lebih ramah lingkungan untuk pakaian modest perempuan dan laki-laki di bawah label Rosie Rahmadi.

“Pemilihan bahan yang tepat dan juga selalu menjaga proses produksinya adalah concern kami dalam untuk ke depannya” ujar desainer yang sudah lebih dari 10 tahun berkecimpung di industri fashion ini.

Koleksi bertajuk 'Luru' tersebut diambil dari bahasa sansekerta yang berarti 'mencari'; yang didasari bahwa salah satu fitrah manusia adalah akan selalu 'mencari' dan terus berjalan menuju tempat yang lebih baik.dan di hari Jumat 21 Februari pukul 19.28-selesai, beliau bersama 4 orang desainer lainnya akan menampilkan koleksi ini dihadapan pecinta fashion.

Pencarian ini pun akhirnya terwujud dengan material terbaik dari Asia Pasific Rayon (APR), pada panggung fashion show Muslim Festival (MUFFEST) 2020. Dengan menampilkan 12 outfits terdiri dari 8 modest deluxe dan 4 mens wear, Rosie Rahmadi berhasil menciptakan karya yang lesswaste dengan menggunakan material berserat natural sehingga bersifat biodegradable yang sepenuhnya dapat kembali ke alam. Material yang digunakan diantaranya seperti rayon, linen, serta viscose.

Didominasi oleh siluet A-line, Rosie Rahmadi menampilkan sebuah keindahan melalui kesederhanaan yang cocok bagi mereka yang feminin, elegant, namun tidak ingin terlalu berlebihan. Sulaman-sulaman ringan berwarna cerah dapat ditemukan sebagai detail dari koleksi yang didominasi oleh warna-warna earth tone ini. Tampilan kerudung yang sederhana dengan detail lipatan unik menjadikan koleksi ini lebih berbeda dan outstanding.

APR sendiri sebagai kolaborator adalah produsen viscose rayon terintegrasi pertama di Asia mulai dari perkebunan hingga produk serat viscose. Perusahaan yang memproduksi viscose rayon alami dan biodegradable ini berkomitmen penuh untuk memproduksi bahanbahan yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan bertanggung jawab dengan tetap memperhatikan kehidupan masyarakat sekitar operasinya.

Kolaborasi ini diharapkan bisa menjadi angin segar bagi industri modest fashion ke arah yang lebih baik yaitu menampilkan karya karya yang tetap memperhatikan lingkungan dengan pemilihan material yang berkelanjutan bagi bumi kita.

Tentang Rosie Rahmadi

Rosie Rahmadi adalah salah satu fashion designer Indonesia yang juga merupakan member dari Indonesian Fashion Chamber. Ia memperoleh Pendidikan Master Degree dari Universitas Indonesia tapi kemudian memutuskan untuk mengejar passionnya di bidang fashion dan kemudian lulus dari Islamic Fashion Institute (IFI) pada tahun 2016.

Hingga saat ini Rosie Rahmadi telah memiliki 6 brand diantaranya ROSIERAHMADI, GADIZA, WARNAHITAM, ALASKUMALA, Little Talulah, dan PARAPOHON yang bervariasi mulai dari modest wear, daily wear, modest deluxe, kids wear, dan mens wear. Desain-desainnya mewakili semangat mendifinisikan ulang standar kecantikan dan feminimitas dengan statement yang kuat pada setiap karyanya. Ia juga menunjukkan perhatian lebih pada lingkungan dengan membuat brand fashion yang lebih ramah lingkungan yaitu concern dalam pemilihan material yang mudah diurai serta pengawasan yang baik dalam proses produksinya. (Muhamad Irfan) 


See More

Latest Photos