Blibli mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam menanggulangi penyebaran COVID-19. “Di saat mobilitas terbatas akibat COVID-19, e-commerce layaknya Blibli menjadi tumpuan baik bagi para merchant dan pelanggan dalam melaksanakan aktifitas ritel.
Blibli Siap Melayani Kebutuhan Pelanggan Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)





Seiring akan berjalannya
peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Blibli mendukung upaya
Pemerintah Indonesia dalam menanggulangi penyebaran COVID-19. “Di saat
mobilitas terbatas akibat COVID-19, e-commerce layaknya Blibli
menjadi tumpuan baik bagi para merchant dan pelanggan dalam
melaksanakan aktifitas ritel. Sebab itu, Blibli bertanggung jawab untuk
memastikan bahwa keseluruhan rantai logistik, yang merupakan tulang punggung
e-commerce, berjalan lancar dan tanpa henti. Para merchant pun
bisa terus memenuhi kebutuhan pelanggan, dengan demikian membantu industri
ritel untuk terus berputar dan menopang ekonomi Indonesia,” kata Lisa Widodo, Executive Vice President (EVP)
of Operations Blibli.
Lisa menambahkan bahwa hadirnya
infrastruktur logistik milik Blibli di lokasi strategis memungkinkan Blibli
untuk mengontrol proses dan menjaga kualitas layanan logistik. Saat ini, Blibli
menjalankan 20 warehouse dan 32 hub yang tersebar di 15 kota
besar, termasuk Jabodetabek, Bandung, Semarang,
Jogjakarta, Surabaya, Denpasar, Medan,
dan Makassar. Infrastruktur warehouse didukung oleh armada
kurir pengiriman BES yang menjaga agar pengiriman paket dapat dilakukan dengan cepat dan pelanggan menerima pesanan tepat
waktu. “Blibli mempunyai jaringan warehouse milik sendiri yang
terbesar dan terluas di Indonesia. Ini, diperkuat dengan tim armada BES, yang menjadi
keunggulan kami dalam mengontrol penuh pengoperasian dan kualitas layanan
logistik kami, termasuk Same Day Delivery, saat situasi apapun,” lanjut Lisa.
Seluruh infrastruktur logistik
ini terbuka digunakan oleh para merchant, mulai dari
perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) hingga UMKM, agar
mereka tidak terdampak oleh pembatasan pergerakan. Perusahaan-perusahaan ini
bisa menempatkan stok barang di warehouse Blibli
dan saat ada pemesanan, pihak Blibli yang otomatis mengatur pengiriman paket. “Dukungan
logistik yang mumpuni sangat berpengaruh pada keberlanjutan usaha para merchant,
terutama UMKM. Kami pun telah bekerja sama dengan berbagai UMKM, termasuk
penyedia beras, untuk menaruh stok di warehouse dan mengirim
pesanan ke para pelanggan,” sebut Lisa. Di
saat ini, masyarakat lebih aktif lagi berbelanja online untuk memenuhi
kebutuhan mereka, dengan demikian memicu kenaikan aktifitas penjualan serta
logistik di Blibli selama Maret 2020 jika dibandingkan bulan sebelumnya.
Pertumbuhan pengiriman makanan
segar sejalan dengan diluncurkannya BlibliFresh, yaitu kurasi makanan segar di
BlibliMart, kategori yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Sayur, susu UHT,
dan buah-buahan menjadi produk segar dengan pembelian terbanyak oleh para
pelanggan yang kian memperhatikan kesehatan. “Layanan pengiriman yang cepat
sangat kritis untuk menjaga kesegaran produk ketika diterima pelanggan. Karena
itu, kami menawarkan layanan “Pick Delivery Time” di mana pelanggan bisa
mengatur waktu produk-produk BlibliMart akan tiba,” kata Lisa.
Blibli juga mengajak seluruh
pelanggan untuk selalu menjaga kondisi dan kesehatan badan, melakukan
praktik physical distancing seperti
yang telah dianjurkan oleh Pemerintah Indonesia, dan tetap bijak dalam
berbelanja dengan #beliseperlunya sebagai
bagian dari komitmen Customer Satisfaction First Blibli untuk terus konsisten
memberikan kepuasan pelanggan #KarenaSehatNo1.