BULAN FINTECH NASIONAL & THE 3RD INDONESIA FINTECH SUMMIT 2021

Total Views : 65
Zoom In Zoom Out Read Later Print

Fintech untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi: Kolaborasi dalam Menyeimbangkan Tata Kelola dan Inovasi. merupakan rangkaian acara yang menjadi wadah bagi pemerintah/regulator, startup fintech, dan stakeholder lainnya di ekosistem keuangan digital Indonesia (termasuk platform e-commerce) untuk melakukan upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui adopsi fintech. Dengan memanfaatkan momentum promosi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 11 November 2021 akan ditetapkan sebagai Hari Fintech Nasional dan menjadi kick-off Bulan Fintech Nasional. Sebagai bentuk inisiatif industri, Bulan Fintech Nasional dimulai sejak tahun 2020 sebagai Pekan Fintech Nasional (durasi: 2 minggu).

Dari 11 November hingga 12 Desember 2021, pelaku industri fintech yang merupakan anggota dari Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) akan menawarkan berbagai program/promosi/insentif kepada pelanggan lama dan baru sebagai bagian dari upaya industri untuk mempromosikan adopsi fintech dan keuangan digital di Indonesia. Selama kurun waktu 1 (satu) bulan ini pelaku industri fintech yang merupakan anggota dari AFTECH, Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI), serta Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mendorong peningkatan literasi keuangan digital, khususnya bagi UMKM.

Target: BFN & 3rd IFS 2021 menargetkan lebih dari 50.000 partisipan hadir dalam rangkaian kegiatan, outreach terkait fintech kepada lebih dari 8 juta orang.

Statistik Program Hari Fintech Nasional & Bulan Fintech Nasional:

- Terdapat total 45 program kegiatan yang akan diselenggarakan oleh BI (4), OJK (6), fintech, regulator, investor, akademisi, serta penyelenggara ekosistem secara keseluruhan. Ada tema-tema mingguan seperti:

(a) Fintech lending atau pendanaan bersama

(b) Fintech pada sistem pembayaran dan neo bank

(c) Berbagai inovasi layanan keuangan baru seperti fintech asset management, syariah, innovative credit scoring, syariah dll

(d) Perlindungan Konsumen dalam industri fintech (termasuk keamanan siber dan perlindungan data pribadi bagi pengguna fintech)

-Selain ke-45 program diatas juga terdapat lebih dari 90 program edukasi literasi yang dilakukan oleh 60 pelaku industri fintech anggota AFTECH. Kegiatan-kegiatan tersebut termasuk: webinar individual, IG live, dan podcast.

-Bagi konsumen, terdapat lebih dari 71 program penawaran menarik sepanjang Bulan Fintech Nasional yang dihadirkan oleh 42 anggota AFTECH. Jenis program penawaran bagi konsumen diantaranya: cashback, discount, free administration fee, giveaway, voucher, dan masih banyak lagi.

-Bulan Fintech Nasional juga menghadirkan Virtual Job Fair. Terdapat 209 lowongan pekerjaan dari 46 perusahaan bagi mereka yang tertarik berkarir di industrikeuangan digital di Indonesia (termasuk untuk ragam posisi dalam digital business, digital marketing, dan data analytics).

-Secara garis besar, AFTECH mencatat peningkatan partisipasi anggota sebesar lebih dari 2x lipat dibanding tahun lalu dalam Bulan Fintech Nasional & 3rd Indonesia Fintech Summit ini. Terdapat lebih dari 60 pelaku industri fintech dari berbagai bisnis model fintech yang berpartisipasi tahun ini. Sebagian besar dari mereka adalah penyelenggara Inovasi Keuangan Digital, fintech lending atau pendanaan bersama, serta fintech di sistem pembayaran. Fintech di pasar Modal dan

3rd Indonesia Fintech Summit merupakan program puncak dari Bulan Fintech Nasional yang mempertemukan para pendiri fintech, regulator, lembaga keuangan, investor, akademisi, dan stakeholder lainnya baik lokal maupun internasional untuk membahas topik industri dan regulasi yang menjadi prioritas, mendorong kolaborasi, serta merumuskan strategi advokasi atau aksi percepatan digitalisasi di industri jasa keuangan serta mendorong pemulihan ekonomi.

Acara ini akan diselenggarakan secara hybrid dari Bali pada tanggal 11-12 Desember 2021.

Acara ini diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), dan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI). Program 3rd IFS ini telah menjadi acara unggulan industri fintech sejak tahun 2019 yang didukung oleh:

1. Kementerian dan Lembaga seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan; Kementerian Koperasi dan UMKM; Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Tercatat semakin banyak dukungan dari Kementerian Lembaga terhadap penyelenggaraan IFS dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan perhatian dan komitmen kolaborasi yang semakin meningkat.

2. Asosiasi Industri seperti Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), Perhimpunan Bank Nasional (PERBANAS), serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) turut mendukung 3rd IFS. Tahun ini AFTECH juga mencatat peningkatan dukungan dari berbagai asosiasi dalam ekosistem layanan keuangan digital dan ekonomi digital. Penting dicatat spirit of collaboration ini diantaranya dimaksudkan untuk: mendorong digitalisasi sektor jasa keuangan, menyediakan akses layanan keuangan yang makin luas, serta digitalisasi UMKM nasional.

3. Juga mitra internasional seperti: the World Bank Group, Asian Development Bank (ADB), International Monetary Fund (IMF), SME Finance Network; Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF), API Exchange (APIX); Emerging Payment Asia; Malaysia Fintech Association; Japan Fintech Association; serta Cambridge Center for Alternatives Finance (CCAF). Jumlah mitra-mitra internasional yang bekerjasama dan mendukung AFTECH dalam BFN dan 3rd IFS juga meningkat. Setidaknya akan ada 2 MoU yang akan ditandatangani dengan mitra internasional ini.

Selama dua hari (11-12 Desember 2021), the 3rd Indonesia Fintech Summit 2021 akan menghadirkan berbagai sesi plenary (termasuk Keynote Speech, Visionary Speech, Meet the Legend, Hardtalk) serta sembilan sesi breakout dengan tema-tema besar seperti: governance

 (termasuk keamanan siber, RegTech & SupTech), inovasi layanan keuangan digital, infrastruktur dan investasi di sektor keuangan digital, serta perlindungan konsumen. 3rd Indonesia Fintech Summit (IFS) & Bulan Fintech Nasional (BFN) 2021 juga merupakan bagian dari perjalanan Indonesia ke program G20. Tema kedua program ini sejalan dengan tema Pesidensi Indonesia di program G20 yaitu “Recover Together. Recover Stronger.”


BUKAN PROGRAM BIASA MELAINKAN WUJUD NYATA KERJA & KOLABORASI INDUSTRI

Hari Fintech Nasional, Bulan Fintech Nasional & 3rd Indonesia Fintech Summit bukanlah program biasa, namun merupakan wujud kerja nyata industri serta kolaborasi dalam ekosistem fintech untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan digitalisasi sektor keuangan di Indonesia.

Beberapa output kerja industri dan kolaborasinya dengan pemerintah akan diluncurkan sepanjang 11.11-12.12.2021 oleh AFTECH:

(a) Website cekfintech.id

(b) Kode Etik Perlindungan Data Pribadi

(c) Studi Kerangka Regulasi untuk Fintech Aggregator

(d) Studi Kerangka Regulasi dan Perkembangan Fintech Financing Agent

(e) Studi terkait Open Banking bagi perkembangan ekosistem keuangan digital di Indonesia

(f) Studi terkait e-investment di Indonesia

(g) Annual Members Survey Report 2020/2021*

(h) Penandatanganan kerjasama dengan berbagai mitra dalam dan luar negeri (internal note: Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, IFC, Japan Fintech Association, SME Finance Network)

(i) Dalam BFN AFTECH juga akan mengumumkan dimulainya Joint Task Force AFTECH- AFPI untuk penanganan pinjol illegal, kick-off penyusunan kode etik penyelenggara bagi beberapa model bisnis fintech seperti: sistem pembayaran, dan revisi dari kode etik yang ada saat ini.

Cara Berpartisipasi di BFN & IFS 2021

Seluruh program BFN & IFS 2021 dapat diakses melalui situs www.fintechsummit.co.id yang akan dibuka pada tanggal 11 November 2021. Semua rangkaian kegiatan tidak dipungut biaya. Dengan mengikuti kegiatan Bulan Fitech Nasional 2021, pengunjung berkesempatan mendapatkan hadiah menarik berupa saldo uang elektronik, smartphone, laptop, dan masih banyak lainnya. (Muhamad Irfan) 


See More

Latest Photos