TERBANG AMAN BERSAMA GARUDA INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID 19

Total Views : 162
Zoom In Zoom Out Read Later Print

Mulai dari check in counter, GARUDA INDONESIA telah menerapkan CHSE ( Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan), kita lebih mengenalnya dengan sebutan 3 M (memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan dengan sabun, dan menjaga jarak ) ini terlihat dengan adanya sabun antiseptic di depan counter, termasuk pegawai yang melayani penumpang juga mengenakan masker dan sarung tangan. Selain itu antrian pun diatur dimana ada petugas yang mengatur jarak berdiri antar penumpang agar tidak berdekatan

Pandemi COVID 19 yang sudah hampir 1 tahun melanda dunia, telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia termasuk dunia penerbangan, bila dahulu saat ingin memasuki pesawat kita cukup menunjukkan Identitas diri (KTP/SIM, passport, Visa) dan tiket pesawat, kini ada prosedur tambahan yang kita lalui, seperti keharusan memiliki surat yang menyatakan kita bebas dari COVID 19 (rapid test. Swab test) yang dikeluarkan dari RS maupun lab klinik terpercaya yang akan diperiksa petugas berwenang di bandara sebelum berangkat, pengecekan suhu tubuh, wajib mengisi form di aplikasi e-Hac yang akan mencatat data diri seperti nama, usia, tempat tinggal, tujuan, tempat tinggal di deaerah tujuan, tanggal dan waktu keberangkatan, maskapai yang digunakan, no penerbangan, waktu dan tanggal sampai di tempat tujuan. Baik surat rapid test dan aplikasi e-Hac ini tidak boleh hilang ataupun terhapus.

Tanggal 10 Desember 2020, lalu kami terbang dengan pesawat GA 270 menuju kota Banyuwangi, kota yang berada di ujung paling timur pulau Jawa. Banyuwangi terkenal dengan obyek wisata alam seperti pantai boom, pulau merah, taman nasional baluran, untuk wisata budaya kita mengenal masyarakat Osing yang tetap mempertahankan keunikan budayanya, dan tari gandrung sewu yang menjadi ikon banyuwangi, ini semua bisa di lihat di www.indonesia.travel.

Seperti biasa kami check in di counter garuda Indonesia dan menerima boarding pass berisi no penerbangan, kursi dan waktu kedatangan. Mulai dari check in counter, GARUDA INDONESIA telah menerapkan CHSE ( Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan), kita lebih mengenalnya dengan sebutan 3 M (memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan dengan sabun, dan menjaga jarak ) ini terlihat dengan adanya sabun antiseptic di depan counter, termasuk pegawai yang melayani penumpang juga mengenakan masker dan sarung tangan. Selain itu antrian pun diatur dimana ada petugas yang mengatur jarak berdiri antar penumpang agar tidak berdekatan.

Dari check in counter kami menuju boarding room untuk menunggu keberangkatan. Setelah menunggu 1 jam akhirnya ada panggilan kepada para penumpang GA 270 untuk memasuki pesawat, dan kami pun mengantri kembali tentunya sesuai dengan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak antar penumupang, di depan kami kru  dengan mengenakan masker dan sarung tangan memeriksa boarding pass, kartu rapid test dan KTP kami kembali sebagai pengecekan terakhir sebelum terbang. Kami lalu berjalan di garbarta menaiki pesawat boeing tipe 737-800 milik garuda Indonesia.

Sebelum menuju kursi yang tertera di boarding pass, dua orang pramugari GARUDA INDONESIA dengan masker dan sarung tangan menyambut kedatangan penumpang,  di dalam badan pesawat kru lainnya dengan masker dan sarung tangan menunjukkan kursi kepada penumpang dan membantu mengatur bawaan para penumpang untuk di letakkan di dalam kabin pesawat, pesawat boing 737-800 konfigurasi kursinya adalah 3-3 untuk tiap baris jadi tiap baris bisa diisi 6 orang penumpang, namun sesui SOP penanggulangan COVID di dalam pesawat konfigurasinya berubah menjadi 2-2 dimana kursi penumpang yang berada di tengah-tengah yaitu antara jendela dan lorong dikosongkan

Untuk makanan  selama perjalanan 1 jam 50 menit, GARUDA INDONESIA memberikan kotak makanan berisi botol air mineral , dan 2 buah roti serta 1 batang coklat yang terbungkus rapat, ini dilakukan untuk menghindari makanan dan minuman yang disajikan dari paparan COVID 19. Pihak maskpai juga sangat memperhartikan keselamatan penumpang dari COVID 19, dengan membersihkan pesawat secara berkala dengan desinfektan, dan penggunaan HEPA filter selama penerbangan yang menyaring 99,9 % virus dan bakteri yang berbahaya hinga yang memiliki ukuran terkecil.

Selama dalam perjalanan kru GARUDA INDONESIA juga memberikan pemberitaan untuk memerangi COVID 19  seperti berikut ini

“selamat datang bapak dan ibu di penerbangan GA 270  tujuan Jakarta-Banyuwangi sesuai anjuran pemerintah RI dalam mencegah penyebaran COVID 19, maka setiap pelanggan diwajibakan menerapkan 3 M yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan dengan sabun, dan menjaga jarak, bila bapak dan ibu merasa demam, batuk kering, nyeri tenggorokan, hilangnya indera perasa atau penciuman, kesulitan bernapas atau sesak napas nyeri dada atau rasa tertekan pada dada dan gejala lainnya silahkan segera menghubungi awak kabin kami agar segera dilakukan tindakan pertolongan”.

Setelah berada 4 hari di Banyuwangi,dari tanggal 10-13 Desember tiba saatnya kami kembali ke Jakarta. Kamipun tiba di  bandara banyuwangi sekitar pukul 14.00. Saat di bandara Banyuwangi kami sempat mewancarai bapak Samsudin, Sales Marketing GARUDA INDONESIA, banyuwangi. Kami bertanya jumlah penerbangan dari Jakarta-Banyuwangi dan sebaliknya, yang dijawab “ pada awal pandemic COVID 19, flight GA di tanggal 24 April-1 Mei 2020 ada 1 kali, kemudian di bulan Juni menjadi 3 kali, lalu bulan Juli menjadi 4 kali, selanjutnya di bulan Agustus menjadi 8 kali, September 12 kali, Oktober 18 kali, November 22 kali dan di bulan Desember ini akan menjadi 27 kali. Ini menjadi bukti bahwa pariwisata Banyuwangi semakin berkembang.

Untuk penerbangan pulang kami menggunakan  GA 265, dan prosedur CHSE yang diterapakan saat berangkat, juga dijalankan dengan konsisten di penerbangan kembali. (Muhamad Irfan)

#TerbangAmanBersamaGarudaIndonesia #BecauseYouMatter #diindonesiasaja #wonderfulindonesia

 

See More

Latest Photos