APA ITU HARBOLNAS? LAZADA BUKA SUARA

Hampir semua pelaku e-commerce melakukan campaign 12.12 yang lebih kita kenal dengan sebutan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Akhir tahun 2019 ini sudah menjadi yang ke-8 kalinya harbolnas (dimulai dari tahun 2012). Lazada adalah salah satu market e-commerce yg menjadi pelopor (dari 6 pelaku utama e-commerce di Indonesia). Bagi Lazada, harbolnas digunakan sebagai upaya untuk membuat revolusi dengan mempopulerkan belanja secara online, karena dikala itu belanja online masih belum terlalu populer, hingga saat ini harbolnas menjadi event yang selalu ada di hampir setiap e-commerce (hingga sekarang 306 perusahaan online indonesia), menurut Lazada peluang untuk menjual online di Indonesia masih besar, dengan prediksi pada tahun 2025 naik dari saat ini 3% hingga menjadi 8% penetrasi dari total pengeluaran retail market di indonesia (jika dibandingkan dengan cina yang mencapai lebih dari 20 %), hal ini yang menjadikan peluang besar bagi para pengusaha e-commerce di Indonesia.

12.12 yang berakhir pada 14.12 adalah refleksi dari animo masyarakat, bahkan menurut Nielson sebanyak 91%  customer berencana untuk belanja secara online ketika harbolnas yang merupakan campaign terakhir tahun ini, termasuk bagi Lazada.

Kenapa sih harbolnas itu ada pada tanggal 12 dan bulan 12 dan bukan pada saat natal? Hal ini terjadi karena di Indonesia natal dilakukan untuk pergi Bersama keluarga, sehingga banyak yang lebih memilih untuk belanja di mall sambil menghabiskan waktu bersama keluarga, lain halnya dengan belanja online, menurut Heikal Bekti Anggoro selaku Head of Traffic & Operations Lazada.

Perbedaan Lazada dengan e-commerce lain? Lazmall memiliki lebih dari 1000 brand yang terdaftar di lazmall indonesia, brand yang masuk pun harus principle, appointed distributor, authorized reseller (contoh Watson), shopertainment lebih dari sekedar jual-beli contoh  Lazgame tempat untuk bermain game dimana customer akan mendapatkan koin yang bias ditukarkan untuk  voucher belanja, dan pada 12.12 ada game baru yang bernama built it dimana pelanggan bisa bermain sambil mengajak teman untuk membangun bangunan,  11-11 ada moji-go yang merupakan permainan AR, game show get it dimana customer dapat menebak harga barang dengan cepat dan tepat akan mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 100.000,00, kemudian ada Laz-live dimana ada banyak penjual online menjual barang dagangannya secara live streaming via Lazada, sehingga pembeli dapat langsung mendapatkan informasi dari pertanyaan dan jawaban yang didapat ketika live streaming. Menambah pengalaman belanja untuk entertainment. Laz live ada puluhan streaming shop bagi para penjual di Lazada untuk memasarkan produknya langsung.

Lazada juga memiliki program Lazada university yang didalamnya mengajarkan customer baru untuk dapat bertransaksi secara online menggunakan Lazada, kemudian ada Lazada club dimana terdiri dari komunitas yang berada dimasyarakat yang melakukan pelatihan kepada masyarakat bagaimana melakukan transaksi jual beli secara online, khususnya dengan menggunakan Lazada.

Tinggalkan Balasan