PESONA HUTAN PINUS MANGUNAN

PESONA HUTAN PINUS MANGUNAN

Agustus 4, 2018 0 By admin

Hutan pinus mangunan kala itu (2014). Jarak dari Kabpaten Sleman sendiri sekitar 50 kilometer yang berarti jarak tempuh menggunakan kendaraan hampir 1 jam, dengan rute agak menaik dan jalan tidak lagi datar. Jalan yang kita lalui begitu mengerucut sempit.

Hutan ini merupakan sebuah hutan yang asri banyak pohon pinus. Ketika itu, kunjungan pertama kali membawa kesan inilah surga oksigen yang berada di wilayah Provinsi Yogyakarta tepatnya di Imogiri Bantul searah dengan goa cermai. Hutan ini berada di kecamatan Dlingo tepatnya.

Jajanan ala kadarnya terhampar disudut-sudut tempat parkir motor dan mobil. Tat kala saya terlena untuk mencicipinya, enak sekali batinku.Jelas sudah, karena perut melilit ditambah udara yang begitu dingin menambah nikmatnya santap makan sore, dengan gaya anak kos kala itu. Jajanan yang dipasarkan dan dijajakan tergolong murah lho. Seingatku, awal hutan ini dibuka hanya membayar retribusi parkir sebesar Rp 2.000, dengan senang kemudian menyusuri hutan tersebut dan disana terdapat toilet yang begitu sangat sederhana maklumlah udara dingin dan kebanyakan minum.

Toilet pun saya tinggalkan demi untuk melihat keindahan yang begitu memanjakan mata sembari kembali menyusuri sudut demi sudut hutan itu, dan pada akhirnya saya menemukan papan bertuliskan “HUTAN PINUS” sudah tercopot dari tiangnya. Iseng saya ambil gambarnya dengan dibantu seorang teman. Dan tertariklah saya untuk mengabadikannya lewat sebuah foto.

pintu masuk hutan pinus 

Setelah puas mengambil pose-pose foto yang sekarang hits dengan kata-kata “selfii”, berjalan menuju dalam pinus tersebut hanya ada tempat duduk dari kayu yang berjajar dua dan terpaku pada tiang penyangga satu kayu. Namun hutan ini berhasil membuat pikiran, tenaga dan pernafasan jadi “plong”. Karena sepanjang perjalanan ditempani pohon pinus yang tinggi-tinggi dan berdaun hijau. Bisa dibayangkan lah betapa eloknya hutan ini.

Panggung teater Hutan Pinus 

Terakhir saya pergi kesana lagi hutan ini bertambah fasilitas yang menambah daya tarik dan hutan jauh lebih asri serta mempesona. Fasilitas yang bertambah waktu itu berupa adanya panggung menyerupai panggung teater dimana kursi-kursi yang mengitarinya terbuat dari kayu. Tak lupa gazebo untuk sekedar elepas capek ketika berjalan sudah tersedia, dengan penambahan fasilitas ini dulu retribusi Rp 2.000 sekarang menjadi Rp 5.000. Dengan uang Rp 5.000 saja kalian akan terpuaskan dan ingin mengunjunginya lagi dilain waktu. Percaya deh. Oya, untuk traveller muslim atau muslimah tak perlu khawatir ya, takut tidak bisa menunaikan sholat karena di hutan ini sudah tersedia juga mushola dengan fasilitas komplit kok.

Hutan pinus ini merupakan destinasi wisata yang sungguh rekomendat dan instragamable ya. Jadi teman-teman tidak rugi berlama-lama diperjalanan hanya untuk berwisata ketempat kece ini. Let’s GoOOOO

Bagi yang masih bingung dan tidak tahu jalan serta supaya tidak nyasar, ini nih petunjuk arah yang bisa kamu jadikan pedoman, untuk menuju hutan pinus teman-teman bisa lewat jalan Imogiri Timur ke arah Imogiri, lalu terdapat pertigaan ambil kiri (arah makam raja-raja Imogiri), lalu pertigaan setelah makam bisa teman-teman ambil jalan ke kanan arah Mangunan dan terakhir nemu pertigaan lagi silakan teman-teman ambil jalan ke kiri. Nah sudah sampai lah teman-teman di Hutan Pinus ini.

BAGI YANG SUKA ALAM BAIKNYA DIKUNJUNGI, NYESEL LHOO KALAU GAG.

Rosa Nikmatul Fajri

081548015004

rosanikmatulfajri@mail.ugm.ac.id