MIDWAY : PERANG ANTARA AMERIKA DAN JEPANG DALAM PD II

MIDWAY : PERANG ANTARA AMERIKA DAN JEPANG DALAM PD II

November 12, 2019 0 By admin

Kembali sebuah film berdasarkan kisah sebenarnya di filmkan, bertajuk Midway yang disutradarai oleh sutradara asal Jerman Rolland Emmerich yang terkenal dengan film-film hitznya yang selalu di ingat sepanjang masa. Sebut saja judul-judul seperti Independence Day (1996), Godzilla (1998), The Day After Tommorow (2004) hingga 2012 (2009) adalah sebagian buah tangannya yang fenomenal. Midway sendiri berdasarkan penulis naskah Wes Tooke, da dibintangi oleh bintang-bintang seperti Patrick Wilson, Ed Skrein, Luke Evans, Dennis Quaid, Nick Jonas, Mandy Moore, Woddy Harrelson dan banyak lagi.

Midway dibuka pada pagi tanggal 7 Desember 1941 armada pesawat Jepang secara tiba-tiba menyerbu dan meluluhlantakkan pangkalan militer angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbor. Serangan yang diinisasi Laksamana Nagumo (Jun Kunimura) ini sebenarnya sudah diprediksi jauh-jauh hari oleh salah seorang agen intelejen Edwin Layton (Patrick Wilson)yang selalu diragukan informasi intelnya. Demi mempertahankan kedaulatan negara sambil berstrategi untuk membalas serangan Jepang, Presiden AS mengutus  Laksamana Chester W. Nimitz (Woody Harrelson) untuk mengorganisasi misi tersebut. Termasuk di antaranya memperkuat intelejen, kekuatan angkatan darat, laut serta angkatan udara, termasuk skuad pesawat pengebom yang dipimpin oleh Wade McClusky (Luke Evans) yang membawahi dua penerbang nekad Eugene Lyndsey (Darren Criss) dan Richard ‘Dick’ Best (Ed Skrein)Skuad pengebom inilah yang menentukan hasil 4 hari Perang Midway yang berpengaruh signifikan dalam Perang Dunia II.

Menonton film Midway yang berdurasi 138 menit ini, kita melihat betapa heroiknya para patroit Amerika menghadapi Jepang dengan permainan apik bintang-bintang besar saat ini. Adegan-adegan epik pertempuran seperti saat menjatuhkan bom dari pesawat ke kapal laut dengan bantuan CGI tak perlu diragukan sangat sempurna dan cukup membuat kita bertahan nafas sejenak, sayangnya dengan naskah yang cukup panjang di beberapa adegan terasa cukup bertele-tele, tapi dengan scoring dan sinematograpi cukup terbantu. Midway di rilis di Indonesia mulai 8 November 2019. (Hendra T)