AYUK IKUTI KOMPETISI JURNALISTIK FINTECH DARI AKULALU

AYUK IKUTI KOMPETISI JURNALISTIK FINTECH DARI AKULALU

Juli 3, 2019 0 By admin

Dikutip dari laman www.bi.go.id fintech diartikan sebagai hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat, yang awalnya dalam membayar harus bertatap-muka dan membawa sejumlah uang kas, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.

Dalam beberapa tahun belakangn ini industri fintech di tanah air berkembang sangat pesat. Dari data OJK (otoritas Jasa Keuangan ) diketahui sampai bulan Januari 2019, penyaluran pinjaman fintech mencapai Rp25,92 triliun. Jumlah penyaluran tersebut naik 14,36% dari awal tahun 2018 yang tercatat senilai Rp22,67 triliun. Dan hingga 1 Februari 2019 tercatat sudah ada 99 perusahaan fintech lendingyang telah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan 54 fintech sistem pembayaran yang terdaftar di Bank Indonesia (BI). Dan tentunya masih banyak lagi perusahan-perusahaan fintech yang sedang mengurus perijinan ke OJK dan akan beroperasi dalam waktu dekat.

Semakin berkembangnya industri fintech memiliki 2 sisi, sisi positifnya masyarakat kini semakin dimudahkan baik didalam meminjam uang, membeli barang, menjual barang, mengirim uang dan lain sebagainya. Namun disi lalin tidak bisa dipungkiri ada beberapa berita yang kurang mengenakkan diawal dikenalnya industri ini oleh masyarakat seperti mudahnya mendapat pinjaman uang yang berakibat banyak terjadi kasus gagal bayar oleh si peminjam ke pada perusahaan fintech, kasus ini bahkan berlanjut ke ranah hukum sehingga ramai di liput media dan timbullah kesan bahwa industri fintech tidak baik.

Melihat hal diatas Akulaku sebagai perusahaan fintech terkemuka di Indonesia yang menganggap pentingnya edukasi kepada masyarakat mengenai “apa itu perusahaan fintech”?. “bagaimana mengelola dana pinjaman dari fintech dengan benar”?. “manfaat apa yang didapatkan secara finansial bagi pengguna fintech”? Dan sebagainya. Oleh sebab itu dalam rangka merayakan ulang tahun akulaku yang ke tiga pada tanggal 17 Juni . AkuLaku mengadakan kompetisi jurnalistik fintech #akubisaberkarya dengan menggandeng para jurnalis baik media cetak maupun online. Melalui tulisan-tulisan yang akan dipublis rekan-rekan jurnalis di medianya masing-masing diharapkan masyarakat mendapat kemudahan dalam mendapatkan akses layanan finansial, dan masyarakat akan lebih bijak memilih produk finansial yang saat ini sangat beragam.

Ibu Anggia Setia Ariningsih selaku Director of Corporate Affairs & Public Relations AkuLaku Indonesia dalam sambutannya menyatakan “kami percaya bahwa media sebagai saluran informasi terpercaya, memiliki kekuatan dalam menyuarakan lebih jauh peran teknologi finansial bagi perekonomian Indonesia. Kompetisi ini juga merupakan bentuk apreasiasi kami terhadap para insan pers yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan literasi keuangan di era digital ekonomi”.

Mengusung tema besar “Inovasi layanan teknologi finansial, disrupsi, serta manfaat bagi perekonomian Indonesia,” terdapat 4 sub topik yang dikumpulkan dari berbagai sumber, baik asosiasi, media partners, hingga institusi pemerintahan yang dapat dipilih oleh para peserta.

Kompetisi jurnalistik AkuLaku ini terbuka bagi jurnalis media cetak dan online di Indonesia. Berikut kriteria peserta jurnalis

  •  Jurnalis adalah warrga negara Indonesia (WNI)
  •  Jurnalis yang bekerja pada media cetak/online dibuktikan dengan copy kartu identitas dan kartu pers yang berlaku atau surat keterangan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah jurnalis.

Untuk kriteria penerimaan materi jurnalis

  •  Karya yang diikutsertakan merupakan karya yang diterbitkan antara 2 Juli 2019-20 Agustus 2019
  •  Karya yang diikutsertakan belum pernah diikutkan pada lomba sejenis yang diselenggrakan oleh pihak lain
  •  Peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 tulisan

Materi lomba beserta dokumen administrasi (copy kartu identitas dan kartu pers yang berlaku/surat keterangan) dikirimkan via email ke akulaku.kompetisijurnalistik@gmail.com.

Kompetisi ini memberikan hadiah puluhan juta rupiah untuk artikel terbaik, “hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dari para jurnalis yang ingin ikut andil dalam mengedukasi masyarakat lebih jauh mengenai peran teknologi finansial bagi perekonomian Indonesia. Besar harapan kami dengan semakin banyak tulisan mendalam mengenai layanan teknologi finansial, masyarakat dapat lebih mengenal teknologi finansial dengan baik,”tutup Angie.